Skip links

Solusi SIstem Integrasi : Penjelasan, Manfaat Bagi Perusahaan

Serba Serbi Integrasi Sistem

Solusi Sistem Integrasi, IT Consultant

Solusi Sistem Integrasi – Kemajuan teknologi modern telah memungkinkan bisnis di seluruh dunia untuk memindahkan operasi mereka ke sistem digital. Sebelumnya, organisasi ragu-ragu untuk mengadopsi teknologi baru. Sebagian besar dari mereka mulai dalam skala kecil. Ketika mereka melihat berbagai manfaat dari mengadopsi teknologi terbaru, banyak dari mereka memperoleh kepercayaan diri dan menjalani transformasi digital yang lengkap. Namun, ketika sebuah organisasi memiliki banyak cabang operasi, mungkin sulit untuk membuat semua sistem bekerja bersama. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mendiskusikan berbagai manfaat integrasi sistem, seni menyatukan berbagai modul dan membuatnya bekerja sebagai satu kesatuan.

Apa itu Integrasi Sistem?

Dilansir dari zapup Sebagian besar organisasi bisnis akhir-akhir ini sangat ingin menaiki gelombang teknologi tinggi. Mereka semua telah mengikuti kemajuan teknologi terbaru dan hampir seluruhnya terdigitalisasi dan terdigitalisasi! Namun, ini tidak menjamin kelancaran. Seperti yang dinyatakan sebelumnya, ada satu komplikasi: mengelola sistem secara bersamaan. Di sinilah integrasi sistem berperan.

Asumsikan Anda adalah pemilik perusahaan. Perusahaan Anda dibagi menjadi beberapa departemen. Ini membantu Anda dalam mengatur berbagai fungsi bisnis. Anda mempertimbangkan untuk menerapkan perangkat lunak akuntansi untuk departemen keuangan Anda sepuluh tahun yang lalu. Departemen penjualan Anda didigitalkan lima tahun kemudian. Anda sekarang mempertimbangkan untuk meningkatkan ke aplikasi akuntansi yang lebih canggih serta menerapkan sistem SDM baru.

Ketiga sistem perangkat lunak, meskipun tampak independen satu sama lain, terkait dalam beberapa cara. Mungkin ada beberapa informasi yang dibutuhkan oleh departemen SDM dan keuangan. Data harus dibagi antara departemen penjualan dan keuangan Anda juga. Karena Anda memperkenalkan ketiga sistem secara terpisah, Anda mungkin telah menggunakan tiga vendor berbeda untuk menginstalnya di organisasi Anda. Anda harus melakukan sesuatu untuk menghubungkan sistem ini sehingga mereka dapat bekerja bersama daripada tetap terputus. Integrasi sistem mengacu pada proses menghubungkan beberapa sistem dan/atau aplikasi. Mengintegrasikan sistem perangkat lunak HRM-Sales-Accounting dapat meningkatkan efisiensi.

Manfaat Integrasi Sistem

Peluncuran sistem perangkat lunak baru di seluruh organisasi adalah proses yang memakan waktu. Mengapa Anda ingin mengacaukan keseimbangan pasca-implementasi yang telah ditetapkan perusahaan Anda? Ada banyak kerugian untuk menjalankan beberapa aplikasi perangkat lunak tanpa mengintegrasikannya. Berikut adalah beberapa keuntungan dari integrasi sistem dan bagaimana masing-masing membantu memecahkan masalah yang disebabkan oleh sistem yang tidak terorganisir.

Perampingan dan Otomatisasi

Salah satu hasil paling signifikan dari proses integrasi sistem adalah pengumpulan semua data yang relevan dan berkorelasi. Ini berarti bahwa pengambilan dan pemrosesan data jauh lebih mudah dan lebih lancar untuk semua subsistem. Jika perusahaan pengembangan yang Anda sewa untuk prosedur integrasi sistem Anda melakukan pekerjaan dengan baik, Anda akan mendapatkan sistem terintegrasi yang memungkinkan Anda untuk mengotomatisasi dan merampingkan semua proses bisnis Anda berkat saluran aliran data yang dibuat dengan sempurna.

Kenyamanan, Akurasi, dan Koordinasi

Sebagian besar waktu, proses integrasi sistem memerlukan pengumpulan data dari berbagai sumber dan menyimpannya di satu lokasi. Ini menghilangkan kebutuhan untuk menunggu dalam waktu lama agar data disinkronkan secara manual di beberapa sistem. Sebaliknya, jika satu subsistem memodifikasi data, maka secara otomatis diperbarui untuk semua sistem lainnya. Akibatnya, salah satu keuntungan paling signifikan dari integrasi sistem adalah ketersediaan dan aksesibilitas data secara real-time.

Pembaruan otomatis dan sinkronisasi data menghasilkan akurasi yang lebih besar karena kemungkinan pengguna mengakses data usang berkurang atau dihilangkan.

Karena data terbaru mudah diakses oleh semua subsistem, semua pengguna dapat berkolaborasi, menghasilkan koordinasi tim yang lebih baik. Sistem yang lebih disederhanakan juga lebih mudah untuk melatih pengguna. Selain itu, ketersediaan data yang tepat waktu menghasilkan pengambilan keputusan yang lebih cepat di semua departemen, meningkatkan proses bisnis secara keseluruhan. Karyawan akan selalu mengetahui perkembangan terkini dan akan mengambil tindakan yang tepat di masa mendatang.

Produktivitas dan Efisiensi

Perpecahan antara berbagai departemen organisasi dapat mengakibatkan kualitas kinerja yang buruk. Jika satu subsistem memodifikasi bagian datanya, subsistem lain mungkin harus mengejar ketinggalan dengan memasukkan data yang diperbarui secara fisik ke penyimpanan data masing-masing.

Sistem terintegrasi meningkatkan efisiensi dengan menghilangkan kebutuhan untuk entri data manual berulang. Karyawan dapat menerima data yang akurat untuk diproses lebih lanjut karena sistem secara otomatis memperbarui database pusat. Ini menghemat banyak waktu. Setiap departemen juga dapat berkonsentrasi pada tugasnya tanpa harus khawatir tentang tetap sinkron atau kegiatan departemen lain. Sumber daya yang disimpan kemudian dapat digunakan untuk kegiatan bisnis yang lebih penting. Jadi, dua manfaat utama dari integrasi sistem adalah membuat tenaga kerja tidak hanya lebih efisien tetapi juga sangat produktif.

Efektivitas Biaya

Sistem terintegrasi, seperti yang telah kita bahas di bagian sebelumnya, menghilangkan kebutuhan akan tugas yang berulang. Akibatnya, tugas-tugas penting sekarang dapat diselesaikan lebih efisien saat menggunakan sumber daya yang sama, mengurangi biaya yang tidak perlu.

Penyimpanan pusat menghilangkan kebutuhan akan beberapa penyimpanan data untuk menyimpan data yang sama. Ia mampu menyimpan data yang unik untuk setiap subsistem serta mengkategorikan data yang tumpang tindih secara metodis. Ini mengurangi biaya ruang penyimpanan data yang tidak terpakai.

Keuntungan signifikan lainnya dari integrasi sistem adalah Anda tidak perlu membuat sistem baru yang mahal dan kompleks dari awal ketika Anda mengenali kebutuhan akan sistem perangkat lunak organisasi yang terkoordinasi dengan lebih baik. Atau, Anda dapat menyewa seorang spesialis untuk mengintegrasikan sistem yang ada sehingga mereka bekerja bersama-sama. Ini tidak hanya menghemat uang Anda, tetapi juga waktu dan upaya berharga yang seharusnya dihabiskan untuk melatih karyawan menggunakan sistem baru.

Ketersediaan Wawasan Kinerja

Volume data yang terus meningkat membuat semakin sulit untuk mengawasi kinerja bisnis secara keseluruhan, terutama ketika data tersebar di beberapa departemen atau subsistem. Mengumpulkan dan menggabungkan data, serta membuat laporan analitik yang dihasilkan, adalah tugas yang memakan waktu. Anda mungkin perlu melakukan beberapa impor dan ekspor untuk memastikan tidak ada inkonsistensi.

Tidak hanya semua data yang relevan tersedia untuk Anda setiap saat dengan sistem terintegrasi, tetapi efisiensi setiap departemen juga mudah ditentukan melalui dasbor pusat. Penyimpanan data pusat akan dapat diakses ke dasbor terintegrasi. Ini akan memungkinkan Anda untuk melihat data yang relevan sesuai kebutuhan, meningkatkan arti laporan analitis atau kinerja Anda. Anda dapat melihat kemajuan departemen atau melakukan tinjauan menyeluruh terhadap bisnis di satu tempat dengan memilih parameter yang sesuai.

Skalabilitas

Karena kemajuan teknologi dalam penyimpanan data, sistem terintegrasi sekarang sangat bergantung pada cloud. Penyimpanan terpisah atau platform komputasi untuk setiap subsistem memerlukan sejumlah besar sumber daya. Seiring bertambahnya volume data, kapasitas setiap subsistem harus ditingkatkan secara terpisah.

Replikasi ini dihilangkan ketika Anda memiliki sistem yang terintegrasi. Jika diperlukan, semua subsistem dapat menggunakan sumber daya bersama. Jika kebutuhan komputasi atau penyimpanan bisnis Anda bertambah, Anda dapat dengan mudah meminta sumber daya tambahan dari penyedia cloud. Skalabilitas dengan demikian merupakan salah satu manfaat utama dari integrasi.

Keamanan

Sejauh ini, kita telah membahas berbagai keuntungan dari integrasi sistem. Ini dapat menguntungkan Anda atau merugikan Anda dalam hal keamanan.

Penyerang merasa sulit untuk mengkompromikan semua subsistem sekaligus dalam sistem yang terisolasi, terutama jika setiap subsistem menggunakan tingkat keamanan yang berbeda. Namun, berhasil mengelola keamanan untuk beberapa sistem mungkin terbukti sulit bagi Anda.

Semua data Anda akan sama-sama rentan terhadap kompromi dengan sistem terpusat. Namun, masalah ini dapat diselesaikan dengan menggunakan alat atau algoritma keamanan yang lebih kuat. Dengan demikian, keamanan satu platform akan lebih mudah dikelola.

Kesimpulan

Integrasi sistem menghilangkan kebutuhan akan penyimpanan dan pengelolaan data. Ini menyediakan sistem terpusat berdasarkan arsitektur terukur dan aman. Proses pengumpulan dan pengambilan data yang ditingkatkan, bersama dengan manfaat lain, memungkinkan perusahaan Anda mencapai efisiensi operasional dan biaya.

Baca Juga (Web Development)